Are You Happy Now?

Apa anda bahagia? itu pertanyaan sederhana tapi saya tergelitik setelah mendengar Desy Anwar, wartawan senior idola saya, menanyakan hal itu kepada Nadya Hutagalung.

Dalam acara face to face with Desy Anwar malam ini, sabtu 28/9/2013, Desy Anwar mendapat kesempatan untuk mewawancarai Nadya Hutagalung, model papan atas yang kini menetap di Singapura. Desy menanyakan berbagai hal pada Nadya. Mengenai perilaku konsumtif, kenapa vegetarian sangat baik bagi kesehatan, pengurangan karbon untuk kebaikan bumi bahkan rumah tiga generasi milik Nadya Hutagalung.

Dan Nadya dengan sangat menawan menjawab semuanya dengan mudah, dengan senyum di wajahnya. Penuh semangat.

Sampai tiba pada suatu saat, ketika tanpa sengaja, iseng, Desy Anwar bertanya pada Nadya, “are you happy now?

Menurut saya Desy menanyakan itu karena Nadya terlihat sangat bebinar-binar. Saya sendiri juga merasakan kegembiraan melihat Nadya.

Tapi, alih-alih menjawab Nadya butuh waktu cukup lama untuk berpikir. Berkali-kali membenarkan kalimatnya untuk kemudian mengganti dengan jawaban seperti ini, “saya sedang mengejar kebahagiaan. Ada banyak jenis kebahagiaan dan jalan menuju kebahagiaan itu kadang sangat berkabut. jadi saya … saya sedang berusaha menuju jalan yang tepat.”

Itu, menyadarkan saya. Nadya Hutagalung, aktris. Model papan atas. Aktivis lingkungan. Cantik. Sempurna menurut saya. Sampai sekarang belum menemukan kebahagiaan. Setelahnya Nadya terlihat sangat canggung menjawab semua pertanyaan, setelah beberapa pertanyaan barulah Nadya yang berbinar-binar kembali.

Saya orang yang sederhana, saya gampang gembiara hanya karena melihat list Ost. Catching Fire di dalamnya ada Coldplay, band favorit saya. Jadi, saya … saya sedikit ngeri menyadari bahwa semakin kita dewasa kita semakin sulit menemukan alasan untuk bahagia.

Dosen saya pernah mengatakan selesai saya sidang skripsi sambil menjabat tangan saya, “selamat menempuh kehidupan nyata ya, Enya.”

Di langkah pertama di kehidupan nyata hingga selanjutnya saya berharap jika ada yang bertanya pada saya, apa saya bahagia. Dengan singkat dan lantang saya akan menjawab, “ya! dan semoga akan terus seperti itu.”

Happy is simple. All you need to do is, you know, smile.

Tinggalkan Balasan

